Senin, 14 Agustus 2023

Serius belum baca inti pembelajaran Matematika Kelas 4 Kurikulum Merdeka ?

Ya penting dan urgen, mengapa hal ini harus kita pahami? Sebagai guru kita harus tahu apa permintaan (baca : tuntutan) kurikulum kepada kita. Untuk itu ada 4 langkah dalam membaca persiapan belajar siswa. Gak maukan disuruhnya "ngajar" nilai tempat ribuan eh malah ngajar nilai tempat sampai milyaran, Fatal banget !. Dalam studi kasus ini salah satunya saya ambil adalah pada pelajaran Matematika. Langkah pertama baca tuntutan kurikulum, dalam hal ini adalah BSKA untuk kurikulum merdeka. Langkah kedua adalah mencocokan bahan ajar (baca: buku). Dalam hal ini muncul banyak versi bahkan dari terbitan milik negara (BSi) dan terbitan swasta. Dan sudah banyak laporan bahwa dilapangan guru mengeluh dengan materi dari buku. Tapi lebih parah jika mereka tidak tahu materi sebenarnya apa. Barulah Langkah selanjutnya kita membuat modul ajar (baca: RPP) untuk persiapan teknis dilapangan.

Didalam Kurikulum Merdeka Fase B umumnya adalah kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A lebih tepatnya di dokumen BSKA kemendikbud riset Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka ada 4 capaian pembelajaran matematika yang harus dikuasai dalam fase ini  :

a.         Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000.

b.        Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku, dan dapat menentukan hubungan antar-satuan baku Panjang

c.         Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan

d.        Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)

Berikut saya permudah dengan tabelisasi. 

Tabel 2.1 Fase B Berdasarkan elemen (BSKA kemendikbud riset Dan Teknologi, 2022)

Elemen

Capaian Pembelajaran

Bilangan

Pada akhir fase B, peserta didik menunjukkan

pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan tersebut

Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan

antar-pecahan dengan pembilang satu

Peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan decimal

Aljabar

peserta didik dapat mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

Peserta didik dapat mengidentifikasi, meniru, dan

mengembangkan pola gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100

Pengukuran

Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku

Geometri

Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga, segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan.

Analisa

Data dan

Peluang

Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan).





































so! jangan salah materi ajar ya gaes ...

Demikian semoga berguna

Penulis adalah mahasiswa magister pendidikan dasar UMJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuk ! Simak Peta materi kelas 5 Kurikulum Merdeka Sem 1 2024/2025

Gak serukan memulai tanggal ajaran baru tapi kita gak tahu materi apa yang harus kita ajarkan di kelas 5 di kurikulum baru ini. Nah bagi tem...