Ya penting dan urgen, mengapa hal ini harus kita pahami? Sebagai guru kita harus tahu apa permintaan (baca : tuntutan) kurikulum kepada kita. Untuk itu ada 4 langkah dalam membaca persiapan belajar siswa. Gak maukan disuruhnya "ngajar" nilai tempat ribuan eh malah ngajar nilai tempat sampai milyaran, Fatal banget !. Dalam studi kasus ini salah satunya saya ambil adalah pada pelajaran Matematika. Langkah pertama baca tuntutan kurikulum, dalam hal ini adalah BSKA untuk kurikulum merdeka. Langkah kedua adalah mencocokan bahan ajar (baca: buku). Dalam hal ini muncul banyak versi bahkan dari terbitan milik negara (BSi) dan terbitan swasta. Dan sudah banyak laporan bahwa dilapangan guru mengeluh dengan materi dari buku. Tapi lebih parah jika mereka tidak tahu materi sebenarnya apa. Barulah Langkah selanjutnya kita membuat modul ajar (baca: RPP) untuk persiapan teknis dilapangan.
Didalam Kurikulum Merdeka Fase B umumnya adalah kelas III dan IV SD/MI/Program Paket A lebih tepatnya di dokumen BSKA kemendikbud riset Dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka ada 4 capaian pembelajaran matematika yang harus dikuasai dalam fase ini :
a. Peserta didik dapat menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000.
b. Peserta didik dapat mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku, dan dapat menentukan hubungan antar-satuan baku Panjang
c. Peserta didik dapat mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar dan dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi) berbagai bangun datar dengan satu cara atau lebih jika memungkinkan
d. Peserta didik dapat mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala satu satuan)
Berikut saya permudah dengan tabelisasi.
Tabel 2.1 Fase B Berdasarkan
elemen
Elemen |
Capaian
Pembelajaran |
Bilangan |
Pada akhir fase B,
peserta didik menunjukkan pemahaman dan intuisi
bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 10.000. Mereka dapat
membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan,
menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan
tersebut |
Peserta didik dapat
membandingkan dan mengurutkan antar-pecahan dengan
pembilang satu |
|
Peserta didik
menunjukkan pemahaman dan intuisi bilangan (number sense) pada bilangan
decimal |
|
Aljabar |
peserta didik dapat
mengisi nilai yang belum diketahui dalam sebuah kalimat matematika yang
berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100 |
Peserta didik dapat
mengidentifikasi, meniru, dan mengembangkan pola
gambar atau obyek sederhana dan pola bilangan membesar dan mengecil yang
melibatkan penjumlahan dan pengurangan pada bilangan cacah sampai 100 |
|
Pengukuran |
Peserta didik dapat
mengukur panjang dan berat benda menggunakan satuan baku |
Geometri |
Peserta didik dapat
mendeskripsikan ciri berbagai bentuk bangun datar (segiempat, segitiga,
segibanyak). Mereka dapat menyusun (komposisi) dan mengurai (dekomposisi)
berbagai bangun datar dengan lebih dari satu cara jika memungkinkan. |
Analisa Data
dan Peluang |
Peserta didik dapat
mengurutkan, membandingkan, menyajikan, menganalisis dan menginterpretasi
data dalam bentuk tabel, diagram gambar, piktogram, dan diagram batang (skala
satu satuan). |
so! jangan salah materi ajar ya gaes ...
Demikian semoga berguna
Penulis adalah mahasiswa magister pendidikan dasar UMJ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar